Rabu, 13 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Afrika

1. Shango
File:Casa Branca 178.JPG
Dalam agama YorubaSango (juga dieja, SangoShangoJango atau Djangosering dikenal sebagai XanGo atauChango di Amerika Latin dan Karibiadan juga dikenal sebagai Jakuta [1]) (dari 'shan,' menyerang ') mungkin salah satu yang paling populer Orisha, juga dikenal sebagai dewa api, petir dan gunturShango secara historis nenek moyang kerajaan Yoruba karena ia adalah raja ketiga dari Kerajaan Oyo sebelum pendewaan anumertaDalamLukumí (Olokun mil = "satu sayangku") agama di KaribiaShango dianggap sebagai titik pusat agama karena iamewakili rakyat Oyo Afrika Baratnenek moyang simbolis dari penganut imanSemua upacara inisiasi utama (seperti yang dilakukan di KubaTrinidad, Puerto Rico dan Venezuela untuk beberapa ratus tahun terakhir)didasarkan pada upacara Shango tradisional Oyo KunoUpacara ini selamat Passage Tengah dan dianggap palinglengkap telah tiba di pantai BaratIni variasi upacara inisiasi Yoruba menjadi dasar dari semua inisiasi Orisha di Barat.

2. Bumba

Mbombojuga disebut Bumbaadalah dewa pencipta dalam agama dan mitologi dari Kuba Afrika TengahDalammitos penciptaan MbomboMbombo adalah seorang raksasa dalam bentuk dan berwarna putih.
Kisah penciptaan Mbombo dikatakan bahwa pada awalnyaMbombo sendiriandan kegelapan dan air menutupiseluruh bumiIni akan terjadi bahwa Mbombo datang untuk merasakan rasa sakit di perutnyadan kemudian muntahMbombo matahari, bulan, dan bintang-bintangPanas dan cahaya dari matahari menguap air yang menutupi seluruh bumimenciptakan awandan setelah waktubukit-bukit kering muncul dari airKemudian Mbombo muntah sekali lagimenelorkan sembilan binatangmacan tutuldisebut Koy BumbaelangPonga BumbabuayaGanda Bumba,ikanYo Bumbakura-kuraKono Bumbahewan macan tutul hitam sepertiTsetse Bumbabangau putihNyanyiBumbascarab a, dan seekor kambing bernama BudiMbombo juga muntah banyak priasalah satunya disebutLoko Yima.


3. Yemaya

Yemanja adalah orishaawalnya dari agama Yorubayang telah menjadi penting dalam banyak agama Afro-Amerika.Afrika dari apa yang sekarang disebut Yorubaland membawa Yemaya / Yemoja dan sejumlah dewa lainnya /kekuatan energi di alam dengan mereka ketika mereka dibawa ke pantai di Amerika sebagai tawananDia adalahlautesensi dari ibudan pelindung anak-anak.

4. Elegua

Dia adalah penjaga dari Crossroads of LifeSetiap kali ada keputusan yang harus dibuatia memberikan kesempatan sekali dan kesempatan keduaJika Anda beruntungSebagai Dewa PenipuElegua seperti anak kecil kadang-kadang bisa membuat sesuatu yang lebih rumitSaat iseng dia bisa mengubah pilihan yang sederhana menjadi sebuah teka-teki yang rumit.
Ia juga utusan untuk dewa yang lebih tinggiterutama Olorundan dia suka untuk diperhatikanDia membawa cerutudan rumtapi dia sangat baik dengan anak-anak


5. Abassi
SciFi and Fantasy Art Abbasi, African Sky God. by Steph Steph Salt
Abassi adalah dewa pencipta dalam jajaran orang-orang Epik NigeriaSetelah saran oleh istrinya AtaiAbassimenciptakan manusia pertama dan memperkenalkan mereka kepada duniaNamun, untuk mencegah merekamelebihi hikmatnya, ia memerintahkan manusia pertama yang tidak berkembang biak untuk bekerja. Larangan inidiikuti selama beberapa waktutapi akhirnya pasangan pertama memiliki anak-anak dan pekerjaan, sehinggamelakukan beberapa "penciptaan" mereka sendiriSayangnyamereka dengan cepat menciptakan masalahkelebihan populasi mengerikan, yang membuat Abassi merasa tidak amanHal ini menyebabkan istrinya Atai untukmemberikan manusia dua hadiahArgumen dan Kematianyang akan membantu menjaga jumlah manusia bawah.

6. Obatala

Dalam agama dari orang-orang YorubaObàtálá adalah pencipta tubuh manusiayang seharusnya dibawa ke kehidupan oleh napas OlorunObàtálá juga pemilik dari seluruh ori atau kepalaSetiap orisha mungkin mengklaimseorang individutetapi sampai individu yang diinisiasi ke dalam imamat yang orishaObàtálá masih memiliki kepala.Ini berasal dari keyakinan bahwa jiwa berada di kepala.
Obatala (Raja
 Kain Putihdikatakan putra kedua Olorunoleh orang lain untuk menjadi hanya salah satu dari Orishafavorit OlorunDia adalah salah satu wewenang oleh Olorun untuk menciptakan tanah atas air di bawah langitdandialah yang mendirikan kota Yoruba pertamaIfeObatala adalah wakil Olorun di bumi dan pencipta manusia. Ia dikenal beberapa Yoruba sebagai Orisha-Nla atau Olufon.

7. Orishas

Orisha (juga dieja Orisa atau Orixaadalah roh atau dewa yang mencerminkan salah satu manifestasi Tuhan dalam sistem spiritual atau agama YorubaAgama ini telah menemukan jalan di seluruh dunia dan sekarang dinyatakan dalam praktek beragam seperti SanteriaCandombléTrinidad OrishaAnago dan Oyotunjiserta dalam beberapa aspek UmbandaWintiObeahVodun dan sejumlah orang lainVarietas iniatau silsilah spiritual sebagaimana mereka disebuttelah dijalankan di seluruh wilayah NigeriaRepublik BeninTogoKuba, Republik Dominika, Brasil,GuyanaHaiti, Jamaika, Puerto RicoSurinameTrinidad dan TobagoAmerika Serikat , UruguayArgentina danVenezuela antara lain. Sebagai bunga dalam agama-agama pribumi Afrika (sistem spiritualtumbuhmasyarakatOrisha dan garis keturunan dapat ditemukan di bagian Eropa dan Asia juga. Sementara estimasi dapat bervariasi,beberapa sarjana percaya bahwa mungkin ada lebih dari 100 juta penganut tradisi spiritual ini di seluruh dunia.

8. Eshu

Esu (nama lain meliputi ExuEshu ElegguaEsu ElegbaraEshu Elegbara, ElegbaLegbaPapa Legba dan Eleda)adalah orisha kedua dan salah satu dewa yang paling terkenal agama Yoruba dan terkait tradisi Dunia Baru.
Dia memiliki berbagai tanggung jawabpelindung wisatawandewa jalankhususnya persimpangan jalan, dewadengan kekuasaan atas keberuntungan dan kemalangandan personifikasi kematianpsychopomp aEsu adalahterlibat dalam sistem Orisha-ifa agama Yoruba serta agama diaspora Afrika seperti Santeria / Lukumí danCandomblé dikembangkan oleh keturunan diperbudak Afrika Barat di Amerika, di mana ESU itu dan masih kadang-kadang diidentifikasi dengan Anthony of PaduaSaint Michael atau Santo Niño de Atochatergantung pada situasiatau lokasiDia sering diidentifikasi dengan nomor tiga, warna merah & hitam atau putih & hitam, dan caminos nya atau jalan (bandingkan: Avatarsering direpresentasikan membawa tongkat atau tongkat gembala ituserta merokok pipa.


9. Olourun

Olourunyang namanya berarti "pemilik" adalah dewa langit orang Yoruba. Dia juga dikenal sebagai Olodumare(Almighty). Menurut masyarakat YorubaOlourun menciptakan dunia dan umat manusia.
Pada bumi Bumi masih berair. Olourun memiliki cangkang siputayam, merpatidan beberapa bumiOlourunmelemparkan bumi dalam satu titik kecil Bumi dan menempatkan di atasnya ayam dan merpatiKedua satwa yang tersebar di Bumi dan menciptakan tanah yang kokoh.


10. Anansi

Anansi adalah Dewa dalam mitologi di Afrika Barat dan Cerita rakyat dari Kepulauan Karibia.
Nama lain anansi yaitu Ananse, Kwaku Ananse, Anancy dan di Amerika Serikat Selatan berkembang menjadi Aunt Nancy. Dalam wujud bentuknya anasi berbentuk laba-laba tetapi sering digambarkan sebagai manusia. Kisah Anansi serupa dengan Koyote sang penipu, Raven, Iktomi (mitologi Lakota) yang berdasar pada kebudayaan Asli Amerika. Cerita Anansi yang diyakini berasal pada orang- orang Ashanti (nama lain suku akan di UGhana. Kata Anansi berasal dari bahasa Akan yang berarti laba-laba. Dalam perkembanganya cerita ini menyebar ke suku Akan yang kemudian sampai ke Hindia Barat, Suriname, dan Antillen Belanda. Di Curaçao, Aruba, Bonaire anansi dikenal dengan nama Nanzi, yang memiliki istri bernama Shi Maria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar