Rabu, 13 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Celtic

1st : MORRIGAN

Kisah Morrigan, dewi perang tertinggi adalah salah satu yang sangat menarik. Dia adalah Ratu hantu dan setan,bentuk-shifter. Dia sering mengambil bentuk burung gagak gagak atau bangkai. Dia adalah seorang dewi triple diIrlandia, yang terdiri dari Babd, aspek ibu, terkait dengan kuali, gagak dan gagak dan kehidupan, kebijaksanaan,inspirasi dan pencerahan. Aspek kedua adalah Macha, para pembela wanita dalam perang seperti dalam damai,dewi perang dan kematian. Licik, kekuatan fisik semata, seksualitas, fertilitas, dominasi atas laki-laki. Dan aspekketiga, Nemain-Celtic Dewi panik dan perang.

2nd : AONGHUS

Dalam mitologi Irlandia, Óengus (Old Irlandia), Aengus (Irish Tengah), atau Aengus atau Aonghus (modern Irlandia),adalah anggota dari Tuatha De Danann dan mungkin dewa cintapemuda dan inspirasi puitisIa juga disebut AengusOG ("Aengus muda"), Mac ind OG ("anak muda"), Mac OG ("anak muda"atau Maccan.

3rd : DANU

Dalam mitologi Irlandia, Danu ([danu]; Irlandia modern Dana [ˠ sebuah ˠ ə]) adalah dewi ibu dari Tuatha De Danann(Old Irish"Orang-orang dari dewi Danu"). Meskipun terutama dilihat sebagai sosok leluhurbeberapa sumberVictorian ini juga mengasosiasikan dirinya dengan tanah.

4th : DAGDA

Dalam mitologi Irlandia, Dagda adalah seorang pendeta tinggi yang memiliki harpa besar dan indah. Selama perang, satu suku musuh mencuri harpa Dagda dan membawanya ke sebuah kastil yang ditinggalkan. Dagda mengikuti suku itu dan dipanggil untuk menuju letak kecapinya. Dagda datang untuk kecapi dan ia mulai memainkan chordnya. Kecapi itu mengeluarkan musik yang memilukan dan semua orang di istana mulai menangis. Dagda memukul chord lagi dan memainkan kecapi, Musik Mirth dan semua prajurit mulai tertawa. Kemudian Dagda memainkan chord akhir dan kecapi mengeluarkan musik yang menidurkan semua orang, sehingga Dagda bisa melarikan diri dengan harpa gaibnya tanpa terluka.

5th : CUCHULAINN
File:Cuslayshound.jpg
CU Chulainnjuga dieja CU Chulaind atau CúchulainnIrlandia untuk "Culann's Hound") dan kadang-kadang dikenaldalam bahasa Inggris sebagai Cuhullin, adalah seorang pahlawan mitologi Irlandia yang muncul dalam cerita-cerita dari Siklus Ulsterserta di Skotlandia dan cerita rakyat Manxputra dewa Lugh dan Deichtine (adik Conchobar macNessa), nama masa kecilnya adalah Setanta.

6th : BRIGIT

Dalam agama Celtic dan mitologi Irlandia, Brigit atau Brighid adalah putri dari Dagda dan salah satu Tuatha DeDanannDia adalah istri Bres dari Fomoriansdengan siapa ia memiliki seorang putraRuadánDia telah disembah oleh orang-orang Celtic sebagai Saint selama lebih dari seribu lima ratus tahundan sebagai Dewi jauh sebeluminvasi Romawi dari Inggris dan kelahiran KristusKultus nya itu begitu kuat sehingga Celtic Gereja Kristen harusmengadopsi dia sebagai Saintdan Gereja Katolik Roma mengikutibagi bangsanya tidak akan meninggalkan dia.Nama 'Inggris' adalah derivasi dari nama BrigitInggris bernama untuk suku Celtic kuno, Brigantesyang menyembahBrigit dan suku Celtic terbesar untuk menduduki kepulauan Inggris pada masa pra-Romawi

7th : ARAWN
http://www.members.tripod.com/nemesisnight/arawn.jpg
Dalam mitologi WelshArawn adalah raja dari alam otherworld dari Annwnmuncul menonjol dalam cabang pertama,dan disinggung di keempat. Dalam tradisi kemudian, peran raja Annwn sebagian besar disebabkan oleh psychopompWelshGwyn ap NuddNamun, memori Arawn yang disimpan dalam pepatah tradisional yang ditemukan dalamcerita rakyat Cardigan tua:

8th : CERNUNNUS

Cernunnos adalah nama konvensional diberikan dalam studi Celtic untuk penggambaran "bertanduk dewadari CeltickemusyrikanNama itu sendiri hanya dibuktikan sekalipada abad ke-1 Pilar dari pengemudi perahunamunpenggambaran sosok bertanduk atau antleredsering duduk bersila dan sering dikaitkan dengan hewan danmemegang atau memakai TORCSdiketahui dari kasus lain.
Tidak ada yang diketahui tentang dewa dari sumber-sumber sastradan rincian tentang namanyakultus atau maknadalam agama Celtic tidak diketahuiInterpretasi spekulatif mengidentifikasi dirinya sebagai dewa alam ataukesuburan.


9th : TUATHA-DE-DANANN

The Tuatha De Danann ("orang-orang dari dewi Danu") adalah ras orang dalam mitologi IrlandiaDalam invasi tradisiyang dimulai dengan Lebor Gabála Érennmereka adalah kelompok kelima untuk menyelesaikan Irlandia,menaklukkan pulau dari Bolg Fir.
The Tuatha De Danann diperkirakan berasal dari dewa pra-Kristen dari Irlandia. Ketika cerita hidup ditulis, Irlandiasudah Kristen selama berabad-abaddan Tuatha De diwakili sebagai fana raja, ratu dan pahlawan dari masa lalu, namun ada banyak petunjuk status Dewa mereka sebelumnyaSebuah puisi dalam Kitab Leinster daftar banyak dari merekatetapi akhirnya "Meskipun [penulis] menyebutkan mereka, ia tidak menyembah mereka." GoibniuCreidhnedan Luchta disebut sebagai Tri  Dana ("tiga dewa keahlian"), dan nama Dagda itu ditafsirkan dalam teks-teks abad pertengahan sebagai "dewa yang baik." Bahkan setelah mereka terlantar sebagai penguasa Irlandiakarakter sepertiLughyang MorriganAengus dan Manannan mac Lir muncul dalam kisah berlatar abad kemudian, menunjukkan semua tanda-tanda keabadianMereka juga memiliki banyak persamaan di seluruh dunia CelticNuada adalahserumpun dengan Inggris dewa NodensLugh adalah refleks dari pan-Celtic dewa LugusTuireann berkaitan denganGalia TaranisOgma ke Ogmios, the Badb to Catubodua.


10th : ABANDINUS
 
Abandinus adalah nama yang digunakan untuk merujuk kepada dewa Celtic atau roh laki-laki yang disembah diGodmanchester dan Cambridgeshire selama periode Romano-Celtic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar