Rabu, 13 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Karibia

1st : BONDYE
http://joebrrgn72.files.wordpress.com/2010/04/post-3786-1231356195.jpg
Bondye adalah dewa tertinggi di Haiti Vodou. Kata ini berasal dari Perancis bon Dieu (Allah yang baik). Vodouisants menganggap Bondye sebagai pencipta segalanya. Bondye jauh dari penciptaan, menjadi dewa pandeist. Karena itu, ia menjauhkan diri dari setiap urusan hari dan Vodouisants tidak percaya bahwa mereka dapat menghubungi-Nya untuk bantuan.
Karena Bondye tidak bisa diakses, Vodouisants tujuan doa-doa mereka kepada badan lebih rendah, roh-roh yang dikenal sebagai loa, atau mistè. Yang paling menonjol loa termasuk Papa Legba (wali dari persimpangan jalan), Erzulie Freda (semangat cinta), Simbi (semangat hujan dan penyihir), Kouzin Zaka (semangat pertanian), dan The Marasa, kembar dianggap ilahi menjadi anak-anak pertama Bondye.
loa ini dapat dibagi menjadi 21 negara, yang meliputi Petro, Rada, Kongo dan Nago Petro dan kontras Rada paling dengan satu sama lain, karena Petro panas atau agresif dan gelisah, sedangkan Rada keren atau tenang dan damai.

2nd : BARON-SAMEDI

Baron Samedi adalah salah satu dari roh Voodoo HaitiSamedi adalah roh orang matibersama dengan Baronberbagai inkarnasi lain Baron CimetièreBaron La Croix, dan Baron KriminelDia adalah kepala keluarga Guede dariLoaatau aspek dari mereka, atau mungkin ayah rohani mereka'Samedi' berarti 'Saturdaydalam bahasa Prancis.Istrinya adalah Loa Maman Brigitte.

3rd : LOA

Loa (juga Lwa atau L'wha) adalah roh dari Haiti VodouMereka Juga Disebut sebagai Mystères dan Invisiblesdimana adalah perantara Antara Bondye (Bon Dieuatau dewa yang baik) Sang Pencipta, yang jauh dari dunia dan kemanusiaanTidak seperti orang-orang suci atau malaikat namunmereka adalah perantara jarak jauh untukBondye.

4th : ORICHAS

Orisha (juga dieja Orisa atau Orixaadalah roh atau dewa yang mencerminkan salah satu manifestasi Tuhan dalam sistem spiritual atau agama YorubaAgama ini telah menemukan jalan di seluruh dunia dan sekarang dinyatakan dalam praktek beragam seperti SanteriaCandombléTrinidad OrishaAnago dan Oyotunjiserta dalam beberapa aspek Umbanda, Winti, Obeah, Vodun dan sejumlah orang lainVarietas iniatau silsilah spiritual sebagaimana mereka disebuttelah dijalankan di seluruh wilayah NigeriaRepublik BeninTogoKuba, Republik Dominika, Brasil,Guyana, Haiti, Jamaika, Puerto RicoSurinameTrinidad dan TobagoAmerika Serikat , UruguayArgentina danVenezuela antara lain. Sebagai bunga dalam agama-agama pribumi Afrika (sistem spiritual) tumbuhmasyarakatOrisha dan garis keturunan dapat ditemukan di bagian Eropa dan Asia juga. Sementara estimasi dapat bervariasi,beberapa sarjana percaya bahwa mungkin ada lebih dari 100 juta penganut tradisi spiritual ini di seluruh dunia.

5th : AIDA-WEDO

Dalam Vodouterutama di Benin dan HaitiAida-Weddo adalah Roh kesuburan, pelangiangin, air, apidan ular.Ayida-Weddo dikenal sebagai Rainbow SerpentVarian dari nama Ayida-Weddo meliputi Aida-Weddo, Ayida-Wedo,Aido quedodan Aido Hwedo.

6th : OGOUN

Adalah orisha (dewa) dan loa (rohyang memimpin besi, berburupolitik dan perangDia adalah pelindung pandai besidan biasanya ditampilkan dengan sejumlah atributgolok atau pedangrum dan tembakauDia adalah salah satu dari para suami ErzulieOshundan Oya dan seorang teman untuk Eshu.

7th : ERZULIE

Dewi cinta, romansa, kecantikan dan feminisme karibia.

8th : BARON-CIMETIERE

Baron Cimitière (Baron Cemeteryadalah salah satu penjaga roh orang matibersama dengan Baron Samedi dan Baron La CroixDia dikatakan menjadi wali laki-laki dari pemakamanmelindungi kuburan nya.

9th : MAMAN-BRIGITTE

Maman Brigitte (Grann BrigitteManmanManman BrigitManman Brijit) adalah Dewa kematian loa, istri BaronSamediDia minum rum diresapi dengan paprika panas dan dilambangkan oleh ayam hitam. Seperti Baron danGhede, dia menggunakan kata-kata kotor.
Dia melindungi batu nisan di kuburan jika mereka benar ditandai dengan salib.


10th : DAMBALLAH
 
Dalam VodouDamballah adalah salah satu yang paling penting dari semua loa (juga dieja lwa). Damballah adalahDewa langit dan dianggap pencipta primordial dari semua kehidupanThe veve dari Damballah terdiri dari dua ularmenonjol di antara lambang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar