Sabtu, 29 Agustus 2015

9 Perubahan Sosial yang Berubah Sejak Ada Internet

Kemunculan internet emang memberikan kita semua kemudahan. Sekaligus kecepatan dalam memperoleh apa aja yang kita perlukan, terutama dalam hal informasi. Tapi kamu juga pasti sadar kalo internet juga bikin kehidupan sosial kita ikutan berubah. Ada yang positif, pun juga yang negatif.

1. Gampang Percaya Sama Orang

{source name="trust" url="www.theemotionmachine.com"} Janji ya gak boong lagi.
Janji ya gak boong lagi.
Internet bikin kamu jadi gampang percaya sama orang lain, bahkan sama orang yang belum kamu kenal dan belum pernah ketemu sama sekali di dunia nyata. Kalo kamu masih inget, dulu banyak banget kasus kriminal yang terjadi gara-gara kenalan di Facebook terus diajak ketemuan, akhirnya malah tragis.

2. Jadi Gak Hafal Sama Nomor HP Orang

{source name="angka" url="gtaforums.com"} Bilangan KPK FPB.
angka via gtaforums.com
Bilangan KPK FPB.
Karena sekarang segalanya serba mudah, tinggal save number. Jadi kamu gak harus repot-repot lagi buat hafalin nomor hp orang. Kalo pun kamu lupa, tinggal nanya di chat. Tapi sebenernya di saat yang sama kamu jadi gak pernah menghafal nomor-nomor penting lagi. Kamu udah terlalu mengandalkan semuanya ke hp/gadget kamu. Padahal gak selamanya kamu bisa bersamanya. Apalagi kalo kenyataannya kamu lagi apes, hp kamu mati, gak bawa chargeran, atau malah dicopet orang. Nah, kamu bisa apa?

3. Interaksi Secara Langsung Jadi Berkurang

{source name="friends" url="keepo.me"} Ngobrolnya di wasap aja.
friends via keepo.me
Ngobrolnya di wasap aja.
Nah yang kayak gini nih sering kejadian. Kamu jadi jarang ngobrol kalo udah kumpul sama temen kamu, karena kalian udah saling asik sama gadget sendiri-update status, tag-in temen, dan saling berkomentar di media sosial. Atau yang lebih parah lagi, kalian malah jadi jarang ketemu karena udah cukup puas dengan ngobrol di forum dan group chat instant messenger aja.

4. Lebih Sering Berantem Karena Hal-Hal Sepele

{source name="sedih" url="memegenerator.net"} Jadi ikutan sedih.
sedih via memegenerator.net
Jadi ikutan sedih.
Terutama di media sosial, kamu jadi sering meributkan hal-hal yang sepele. Semisal, berantem karena temen kamu lupa ngetag nama kamu, gak like status kamu, gak folbek, komennya gak dibales, chat cuma di read, dan kamu di unfriend. Padahal itu semua mungkin gak ada urgensinya sama sekali. Tapi kalian mempermasalahkannya bahkan ada yang berunjung jadi...

5. Gak Temenan di Dunia Nyata Gara-Gara Gak Temenan di Dunia Maya

{source name="friends" url="gtaforums.com"} Baperan.
friends via gtaforums.com
Baperan.
Hubungan pertemanan seolah langsung terputus gitu aja karena salah satu dari kalian ada yang meng-unfriend. Padahal sebenernya tanpa internet, kamu masih bisa main ke rumahnya, bisa nyamperin ke sekolah/kampusnya, bisa telponan/smsan/chatting-an dan janjian ketemuan di tempat nongkrong favorit kalian. Dan itu semua sering kalian lakukan dulu sebelum mainan media sosial.

6. Ada Peluang jadi Lebih Ngaret

{source name="waktu" url="ngobas.com"} jam 3-an jalan.
waktu via ngobas.com
jam 3-an jalan.
Dulu sebelum ada instant messenger, harga hp masih mahal dan yang punya cuma orang kaya, semua orang sepertinya lebih menghargai waktu. Terutama kalo lagi janji ketemuan. Cukup kasih tahu waktu dan tempat (kalo perlu beserta patokan tempat juga) kamu pasti bakal dateng dengan tepat waktu. Kalo pun telat itu di luar kekuasaan kamu (mis: macet). Kalo sekarang, kamu justru lebih banyak peluang buat ngaret, karena kamu mikir, "ah masih bisa gue kabarin ini." Ya, kamu masih bisa menghubungi dia dengan mudah sambil jalan.

 7. Lebih Curigaan

{source name="cek hp" url="numbersearchphone.com"} Hmm, apa yang terjadi?
Hmm, apa yang terjadi?
Kecepatan mendapatkan respon secara langsung, membuat orang jadi gampang curigaan juga. Contohnya nih, ketika pacar kamu nge-chat nanya "udah makan blm?", terus kamu cuma nge-read doang, dan gak bales-bales. Pacar kamu pasti langsung curiga dan nuduh kalo kamu lagi yang nggak-nggak di luar sana. Padahal kan belum tentu? Bener kan belum tentu?

8. Tidur Lebih Larut

{source name="begadang" url="cleancutmedia.com"} Gak bobo.
begadang via cleancutmedia.com
Gak bobo.
Namanya juga kena sindrom FOMO (Fear of missing out), sejak ada internet kamu jadi sering khawatir ketinggalan berita. Makanya pola tidur kamu pun ikutan berubah. Jadi lebih larut dari biasanya. Karena harus cek media sosial, baca berita, atau nonton video di youtube.

9. Lebih Mudah Nge-judge Orang

{source name="judge" url="tinybuddha.com"} Dipunggungin
judge via tinybuddha.com
Dipunggungin
"Enak banget sih kerjanya jalan-jalan terus"
"Enak banget sih kerjanya selfie-selfie doang di kantor,"
"Enak banget sih baru masuk kantornya jam segini."
"Enak banget sih masih libur."
"Enak banget duitnya gak habis-habis, makan mewah mulu."
Padahal ye, yang lagi mereka lihat di media sosial cuma secuplik dari ribuan kisah di hidup orang lain. Tapi entah kenapa, mereka cukup puas dengan itu buat menilai hidup orang lain?
Begitulah beberapa perubahan sosial yang terjadi sejak ada internet. Tentu masih banyak perubahan yang kamu rasakan lain dan belum ane tulis di sini, karena emang sengaja. Biar kamu berkomentar. Ada baiknya kamu share juga ke temen-temen kamu. Secara kalian kan hidup di era internet. Biar sekalian pada curhat rame-rame di sini.

1 komentar: