1. Olimpiade London
Olimpiade merupakan sebuah pergelaran olahraga yang tua, simbolik dan anggun. Logo ini sama sekali tidak mencerminkan hal tersebut. Ciri-ciri logo yang baik adalah kesederhanaan dan representasi akurat dari organisasi tersebut. Sedangkan pada logo ini tidak ada kesederhanaan dan representasi yang diberikan. Yang ada hanyalah ketergesaan desainer amatir yang menyukai warna terang dan bentrok sana-sini.
2. Google
Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini tentu saja sering kita lihat logonya, namun logo yang dimiliki google bukanlah salah satu logo yang termasuk dalam katagori baik. Bahkan logo tersebut sangat buruk. Dengan font dan warna-warni tidak memunculkan maksud dan tujuan logo tersebut. Perpaduan warna yang terlalu berlebihan sangat tidak disarankan untuk sebuah logo, kecuali ada alasan yang kuat, misalnya perusahaan cat. Alangkah baiknya menghindari paduan warna yang berlebihan, karena menjadi tidak fleksibel pada beberapa media. Untungnya google memiliki apa yang disebut "doodles Google " yang membuat logo utama perusahaan ini jauh lebih menarik.
3. Animal Planet Chanel
Contoh mendesain ulang yang mengakibatkan kesalahan, logo sebelumnya (atas) menampilkan dunia dengan seekor gajah yang tentu saja berhubungan dengan chanel yang dimaksudkan. Namun ketika mendesain ulang (bawah) mereka malah mencoba hal gila, font yang tebalnya di tunjukkan berlebihan, dan huruf "M" yang menyamping, dan 3 warna hijau yang tidak saling melengkapi. Sulit dimengerti.
4. Sherwin-Williams Company
Konsep yang dimiliki cukup baik tapi ide desain yang sangat buruk, karena bentrok dengan pesan yang ingin disampaikan perusahaan. Sherwin-Williams telah memperjuangkan bergerak ke arah environmentalisme, tapi logo ini menunjukkan seolah-olah mereka ingin menumpahkan cat merah menutupi dunia. Warna bagus, eksekusi baik, tapi idenya buruk. Desainer gagal mengenterprestasikan keinginan perusahaan dengan konsep desain nyata.
5. GAP
Biasa ada perubahan yang besar terhadap logo-logo perusahan tua yang di desain ulang seperti desain logo Starbucks atau logo Pepsi. Namun tidak dengan GAP, syarat-syarat logo yang benar, benar-benar tidak diperhatikan pada logo ini. Keserdahanaan memang perlu tapi orisinalitas juga penting. Itu sebabnya GAP membatalkannya setelah seminggu, karena tidak dinilai original.
6. Kraft Foods
Logo ini mungkin bermaksud untuk menampilkan warna yang cerah agar supaya dapat membangkitkan selera makan. Tapi, logo ini tidak bisa berbicara banyak tentang maksud tersebut. Untuk sebuah brand makanan logo ini kurang menarik.
7. NYC Taxi
New York City, pada sebagian orang menganggap sebagai pusat budaya besar di dunia. Disana ada banyak karya desain yang memiliki komunitas. Akan tetapi, entah terlanjur atau memang menginginkan sesuatu yang praktis, logo ini belum mewakili sebuah perusahaan taksi.
8. Bing
Ingat kembali pada tahun 2009, ketika hampir setiap pecinta tipografi merobek logo ini sampai hancur(?). Terkadang kita harus bertanya-tanya apakah Microsoft sengaja melakukan hal ini.
9. A Style
Wow, keajaiban dari semua imajinasi yang dapat masuk ke huruf A . Ini adalah salah satu contoh ide desain yang jangan ditiru. Sangat berbaha mempercayakan desain untuk usaha yang besar kepada konseptor yang memiliki otak yang ngeres!
10. Locum
Perusahaan asal Swedia ini ingin membuat kesan cinta pada logonya tapi yang didapat malah “cinta.”
11. Verizon
Anda mungkin melihat V merah besar yang terlihat tidak pada tempatnya, dan teks yang kurang menarik.
12. NSW Government
Logo ini tidak mencerminkan apa yang dilakukan perusahaan. Kalaupun mereka menginginkan logo yang tidak berbicara tentang perusahaan tersebut, desainernya gagal membuatnya menjadi tampak lebih rapi
13. MSN
Ini adalah contoh yang baik ketika mendesain ulang logo, ambil segala hal yang bisa dan akan menyebabkan hasil yang buruk jika dilakukan dengan tidak tepat. Typografi dan abstrak logo yang kurang tepat.
14. Comprehensive Health Care
Logo berikut ini mungkin perlu untuk di redesain. Peletakan objek dan warna yang tidak pas, serta kesan "pelukan" sebuah rumah yang jurtru malah menakutkan.
15. PathMark
Para desainer tidak berkomentar banyak tentang logo ini. Mereka hanya mengatakan, "bada logo!"
16. Aldershot & Farnborough | Twins & Triplets Club
Termasuk dalam katagori logo yang aneh. Ada dua anak yang sedang digendong, dan yang satu beridiri di tengah dengan tangan terbuka. Logo ini tidak mampu mewakili apa yang dilakukan oleh organisasi tersbut.
Kalau di Indonesia, logo ini akan di demo, karena kata mereka, "cukup dua anak saja!" :D
17. Pepsi
Logo Pepsi (kiri) kemudian konsepnya dirubah oleh seorang desainer yang mengejeknya (kanan)
18. Bureau of Health Promotions
Semua orang akan bertanya ketika melihat logo ini. Jenis pelayanan kesehatan apa yang mereka coba promosikan? Kalau dilihat-lihat lebih seksama, logo ini mengingatkan sesuatu hal yang porno dan jorok. Bukan berarti hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki pikiran seperti itu. Dan sebenarnya, logo yang baik adalah logo yang tidak boleh memiliki arti dan maksud yang beragam dan banyak versi. Itulah tugas seorang desainer, bagaimana sebuah logo nampak jelas, dan memiliki makna yang bisa dipertanggung jawabkan.
Ingat lebih dari setahun yang lalu ketika GAP ingin merubah logo, dan logo baru ini benar-benar mengejutkan dunia.
19. ENDRUN
Salah satu desain gagal Paul Rand, kita tahu manusia itu tempatnya berbuat kesalahan. Legends may slip too.
Kalau desainernya mau menyempatkan waktu lebih banyak, sudah barang tentu desain ini dapat disulap menjadi paduan huruf "E" dan warna yang tidak terlalu banyak. Mereka bisa mengganti kontras warna yang lebih teduh dan enak dilihat.
20. American Pediatric Center
Seorang desainer mengomentari logo ini dengan komentar yang negatif, sesuai dengan logonya, "posisi yang sangat bagus, hammer." Buat para desainer dan pengusaha yang mencari logo, berhati-hatilah dengan konsep yang gagal dan tidak teliti. Jangan salahkan orang lain berfikir negatif ketika melihat logo Anda. Tapi salahkan Anda, mengapa memaksa orang lain untuk mengarah pada pikiran yang jorok.
21. Office of Government Commerce
Logo yang satu ini entah sengaja atau tidak, bahaya ketika logo ini dirotasikan 90 derajad searah jarum jam, maknanya akan kacau. Porno.
22. Dough Boys
Ada desainer yang mengomentari logo ini. Mereka berkata, "dengan logo seperti itu, apakah Anda benar-benar ingin mendapatkan makanan dari sana?"
Mungkin sulit dimengerti apa maksudnya. Tapi inilah, contoh logo yang sangat porno dan vulgar. Logo ini jelas-jelas mencerminkan sebuah organ kelamin manusia.
Berhati-hatilah dalam mendesain atau menerima desain dari orang lain yang tidak teliti dan profesional.
23. Kudawara Pharmacy
Uhm... Logo yang ini tidak ada bedanya dengan logo yang dibawah (no. 24). Entah apa maksudnya membuat "initial logo" dengan paduan lingkaran yang buakan pada tempatnya. Sehingga, orang akan membaca ini bukan Apotik, tapi tempat mesum.
24. Clinica Dental
Seorang desainer bermaksud menceritakan ada dokter gigi dan pasien yang sedang diperiksa dengan posisi half lying di kursi praktek. Namun apa jadinya kalau ditampilkan dari arah samping dengan peletakan yang salah.
Mereka kehilangan ide untuk mengambil "gigi" sebagai ide dasar untuk klinik gigi.
25. Hilton Worldwide
Desainer profesinal mengatakan bahwa logo ini memiliki tingkat bevel tidak bisa diterima dalam sebuah logo. Logo ini didesain dengan usaha yang tidak serius.
26. The Detail Doctor
Berdasarkan sketsa mobil ini, tampaknya dokter ini perlu lebih memahami arti dari kata “detail.”
27. Portland Trail Blazers
apa maksud dari jalur ini???
28. Mont-Sat
Untuk menggambarkan antena parabola, memang terjadi kerusakan bila didesain apa adanya. Logo ini harus diganti gan!
29. KIDS EXCHANGE
Membaca merknya saja, orang pasti akan menyarankan, "jangan bawa anak Anda ke tempat ini..."
30. The Computer Doctors
I don’t want them anywhere near my computer.
31. Institute of Oriental Studies
Logo ini juga termasuk dalam deretan logo yang jorok. Sebaiknya menghindari perpaduan objek seperti diatas untuk logo perusahaan Anda.
32. The Cleveland Browns
Logo memang harus bisa berbicara banyak tentang perusahaan, akan tetapi bukan berarti logo harus memiliki detail yang tinggi dan komponen yang lengkap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar