Jumat, 17 Mei 2013

6 Objek Wisata Wajib di Kota Makassar


Kota Makassar atau Ujung Pandang biasa mendapat julukan Kota Daeng atauBumi Anging Mamiri adalah kota terbesar di Indonesia bagian timur. Kota ini terkenal dengan keramahan penduduk dan wisata kulinernya yang sangat lezat. Namun selain wisata kuliner, sebenarnya Makassar adalah kota yang memiliki banyak potensi wisata lainnya. Bahkan saya berani bilang kalau kategori wisata di Makassar itu sangat lengkap, mulai dari wisata sejarah, wisata religius, wisata belanja, sampai wisata alam. Objek wisata yang saya beri label wajib dikunjungi berikut adalah beberapa dari sekian banyak objek wisata di Makassar.

Pantai Losari



1. Fort Rotterdam
Awalnya bernama Benteng Ujung Pandang, merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo. Terkadang masyarakat Makassar menyebutnyaBenteng Panyyua karena bentuk arsitekturnya yang menyerupai bentuk seekor penyu dan konon dulu merupakan markas Pasukan Katak Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini terletak di Jl. Ujung Pandang. Lokasinya sangat dekat sekali dengan pantai, hanya dipisahkan oleh badan jalan saja. Di dalam benteng ini terdapat jugaMuseum La Galigo yang menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah dan prasejarah Makassar dan Sulawesi Selatan.
2. Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu dulunya juga merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Gowa-Tallo. Kini benteng ini sedang dalam tahap pembangunan menjadi suatu taman mini untuk Sulawesi Selatan. Mengunjungi benteng ini akan membuat kita serasa mengunjungi berbagai daerah di Sulawesi Selatan dengan keanekaragaman budaya dan adat istiadatnya. Saat ini sudah terdapat beberapa rumah adat dari Tana TorajaBulukumba, dan beberapa daerah lain di Sulawesi Selatan di dalamnya.
3. Monumen Mandala
Di monumen ini kita dapat mengenang perjuangan para pahlawan kita dalam upaya membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda. Monumen Mandala memang dibangun untuk mengenang Operasi Mandala yang dipimpin oleh Mayjend Soeharto. Dalam operasi ini terjadi beberapa pertempuran antara TNI dan Belanda, salah satu yang paling terkenal adalah perang di Laut Arafuru yang menewaskanKomodor Yos Sudarso. Di dalam monumen terdapat museum yang menyimpan berbagai diorama dan dokumentasi tentang perjuangan merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda.
4. Masjid Al-Markaz Al-Islami
Masjid yang terletak di Jl. Masjid Raya Makassar ini merupakan pusat kajian dan pendidikan Islam di kawasan Indonesia Timur. Masjid ini didirikan pada tahun 1994 atas prakarsa Jenderal M. Yusuf. Masjid megah ini dikonstruksi menjadi tiga lantai. Arsitekturnya yang unik merupakan gabungan antara arsitektur Arab, Gowa, dan Bugis-Makassar.
5. Pantai Losari
Pantai Losari  adalah tempat yang paling cocok untuk menanti dan menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) di Kota Makassar. Di sore hari menjelang malam, pantai ini menjadi sangat ramai sekali. Banyak masyarakat yang berjalan-jalan santai atau sekedar duduk-duduk menikmati jajanan khas Makassar sambil menunggu senja di sini. Pantai ini memang tempat yang sangat cocok untuk nongkrong dengan teman atau keluarga. Namun bagi yang ingin menikmati kesendirian juga tidak jadi masalah.
6. Wisata Kuliner
Ke Makassar tanpa wisata kuliner rasanya tidak akan lengkap. Kota ini mempunyai banyak sekali makanan khas yang akan membuat lidah kita bergoyang. Salah satu kuliner yang terkenal dari kota ini adalah hidangan laut (sea food) yang tersebar hampir di seluruh penjuru kota. Masyarakat Makassar kelihatannya memang sangat gemar makan ikan dan hidangan laut lainnya. Selain hidangan laut, Makassar masih punya kuliner lain yang tak kalah menarik lainnya, seperti Coto MakassarSop SodaraKonro BakarSop KonroParia KambuEs Pisang Ijo, dan Pallu Butung.
 
Bagaimana rekan dblogger, siap mengunjungi  Makassar??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar