Jumat, 04 Oktober 2013

7 Landmark yang Jadi Keajaiban Dunia

Ada beberapa landmark di dunia yang begitu terkenal dan fenomenal karena nilai sejarah yang begitu penting bagi umat manusia. Landmark ini yang akhirnya disebut sebagai 7 keajaiban dunia baru. Apa saja?

1. Taj Mahal, India
Inilah landmark yang dianggap sebagai monumen cinta sekaligus masterpiece bangunan Islam paling dahsyat. Taj Mahal dibangun di Agra, India oleh Kaisar Mughal Shah Jahan yang dipersembahkan untuk istri bernama Mumtaz Mahal yang harus menutup usia setelah melahirkan anak ke-14 dari sang Raja.

Taj Mahal dibangun menggunakan batu marmer terbaik dari segala penjuru India. Motif bunga serta tulisan Al Quran di sekujur tubuh Taj Mahal juga dibuat dari marmer. Kemegahan bangunan ini membuatnya dianggap bangunan keajaiban dunia.

2. Chichen Itza, Meksiko
Chichen Itza adalah kota kuno Maya di Meksiko dengan ikon terkenalnya yaitu Piramida Kukulkan. Inilah landmark Meksiko yang sukses menarik perhatian 1,2 juta wisatawan setiap tahunnya.

Piramida ini adalah yang paling besar yang tersisa milik peradaban bangsa Maya. Kemegahannya awet sejak abad ke-6 sampai hari ini. Tak heran, landmark ini masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia baru dari New7Wonders.

3. Christ the Redeemer, Brazil
Patung Christ the Redeemer adalah patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro, Brazil. Ini adalah patung terbesar kelima di dunia. Patung ini menjulang 30 meter ditambah 8 meter tinggi alasnya. Rentang tangan patung Yesus ini mencapai 28 meter dan berat total 635 ton.

Patung ini berdiri tegak di puncak Gunung Corcovado, dan melihat ke arah Kota Rio de Janeiro. Patung ini tidak hanya menjadi landmark untuk Rio, tapi juga bahkan dianggap sebagai tanda pengenal negeri untuk Brazil. Ini adalah 7 keajaiban dunia paling muda. Patung ini baru selesai dibangun tahun 1931.

4. Colloseum, Italia
Bangunan Colosseum di Roma, Italia terkenal dalam sejarah sebagai arena tanding Gladiator. Daya tariknya selama 2.000 tahun tidak pernah pudar sampai saat ini.

Wisatawan bisa naik sampai ke atas Colosseum dan melihat-lihat suasana arena. Jangan lupa mengintip bekas ruangan kandang singa dan gladiator. Saking pentingnya dalam sejarah, landmark Roma ini pun dianggap sebagai keajaiban dunia.

5. Great Wall, China
Takkan lengkap ke China tanpa mampir ke Tembok Besar (The Great Wall). Bisa ditempuh 1,5 jam dari Beijing, situs sepanjang 6.700 km ini menjadi landmark paling terkenal dari negeri berpenduduk 1,3 miliar itu.

Salah satu pintu masuk adalah Badaling, yang disebut-sebut, tempat paling indah untuk menikmati Tembok Besar. Tembok yang dibangun sejak abad 7 SM sampai abad 17 masehi itu tampak gagah berkelok-kelok.

6. Machu Picchu, Peru
Machu Picchu adalah kota kuno Inca yang dibangun sekitar tahun 1450 di Cusco, Provinsi Urubamba, Distrik Machupicchu di Peru. Kota ini ditinggal begitu saja karena ancaman penjajah Spanyol. Machu Picchu berada di ketinggian 2.430 mdpl, arkeolog percaya Machu Picchu dibangun oleh Kaisar Pachacuti.

Tempat yang juga jadi Situs Warisan Dunia UNESCO adalah landmark paling terkenal di Machu Picchu. Bangunan di sisi luar direkonstruksi, tujuannya agar wisatawan lebih jelas membayangkan kota ini bagaimana di masa silam. Tak pelak, Machu Picchu juga masuk ke dalam landmark yang menjadi 7 keajaiban dunia baru.

7. Petra, Yordania
Inilah landmark paling top di Yordania. Bangunan yang diukir di tebing batu di dalam ngarai ini, muncul di banyak film Hollywood dari Indiana Jones sampai Transformers. Ini membuktikan betapa dahsyatnya destinasi wisata ini.

Petra mengalami kemunduran sejak dijajah bangsa Romawi dan sempat hilang selama kurang lebih 500 tahun. Keunikan kota ini terletak pada arsitektur kerajaan yang dipahat pada dinding batu. Petra, menjadi salah satu kota paling aman dan menjadi benteng pertahanan karena dikelilingi oleh gunung-gunung batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar