Rabu, 03 Juli 2013

20 Foto Paling Tak Terlupakan Dalam Sejarah Sepakbola

Berikut ini 20 foto paling tak terlupakan dalam sejarah permainan paling indah di dunia.

20. Duka Tiago

Duka Tiago

Pemain Benfica Tiago Mendes menyaksikan dari dekat rekannya, Miklos Feher, tumbang di atas lapangan. Sebuah peristiwa yang tragis. Feher mengalami serangan jantung dan dinyatakan meninggal di rumah sakit tiga jam setelah insiden itu terjadi. Momen saat Tiago seolah tidak percaya dengan apa yang terjadi di depan matanya sungguh menyesakkan dan tidak mudah dilupakan.

19. John Terry 'Terbangkan' Trofi Liga Champion

John Terry 'Terbangkan' Trofi Liga Champions

Tahunnya 2008, ajangnya adalah partai final Liga Champions. Adu penalti masih sama kuat, dan kapten Chelsea John Terry memiliki kesempatan untuk menjadikan klubnya sebagai yang terhebat di Eropa. Akan tetapi, dia terpeleset, eksekusinya gagal, dan memberi Manchester United harapan untuk menuntaskannya, yang kemudian berhasil mereka wujudkan. Ekspresi kesedihan Terry setelah penaltinya gagal pasti melekat kuat dalam ingatan para pendukung Chelsea (juga United) untuk waktu yang sangat lama.

18. Respek Untuk 96

Respek Untuk 96

Tragedi Hillsborough 1989 adalah kisah kelam sepakbola. Sebanyak 96 nyawa melayang akibat bencana stadion terburuk dalam sejarah Britania itu. Ketika dua klub dengan rivalitas panjang saling bergandengan tangan untuk menghormati para korban, maka sebuah momen tak terlupakan pun tercipta. Everton serta Liverpool juga bisa berangkulan, dan kedua anak itu telah menunjukkannya kepada dunia.

17. Tatapan King Cantona

Tatapan King Cantona

Eric Cantona mungkin sosok kontroversial, tapi dia adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Selebrasi di atas merupakan reaksi 'King Eric' untuk gol indahnya. Hingga sekarang pun, gol dan selebrasi tersebut masih lekat dalam ingatan.

16. Kaka 'the Good Guy'

Kaka 'the Good Guy'

Foto itu diambil usai AC Milan memastikan kemenangan atas Liverpool di final Liga Champions 2007. Kaka telah menjadi 'good guy' di persepakbolaan dunia, dan momen ini menunjukkan alasan kenapa dia bisa mendapatkan reputasi tersebut.

15. Dida Dilempar Kembang Api

Dida Dilempar Kembang Api

Panasnya atmosfer pertandingan bisa ditentukan oleh kultur suatu bangsa. Sepakbola Italia, di masa-masa keemasannya merupakan salah satu 'pertunjukan' paling indah, tapi rivalitas yang terlanjur mendarah daging tetap sanggup menyisakan noda. Gambar di atas adalah Dida yang dilempar kembang api oleh suporter Inter, sang rival sekota, dalam panggung perempat final Liga Champions 2005.

14. Cisse Patah Kaki

Cisse Patah Kaki

Dijbril Cisse sungguh sial. Cederanya sangat parah, bahkan bisa disebut salah satu cedera terburuk dalam sejarah sepakbola, dan momen itu tertangkap lensa kamera.

13. David Beckham Selamatkan Inggris

David Beckham Selamatkan Inggris

Inggris terancam gagal ke Piala Dunia 2002. Tertinggal 1-2 dari Yunani dan butuh imbang untuk lolos, David Beckham mengeksekusi tendangan bebas, yang merupakan kesempatan terakhirThree Lions untuk mendapatkan satu gol dan mengembalikan harapan mereka. Gol tercipta, kualitasnya luar biasa, dan selebrasi Beckham pun menjadi salah satu yang dikenang.

12. Sergio Aguero Beri City Trofi EPL

Sergio Aguero Beri City Trofi EPL

AGUUEEEEERRRRROOOOOOOO!!!!!!!!!!!
Sepertinya, itu saja sudah cukup untuk menggambarkan momen spektakuler yang terekam dalam foto di atas.

11. Tangis Gascoigne di Tengah Pertandingan

Tangis Gascoigne di Tengah Pertandingan

Satu lagi kekalahan Inggris dalam adu penalti. Kali ini, Paul Gascoigne, yang terlihat nyata begitu kecewa dalam proses kekalahan timnya dari Jerman di semifinal Piala Dunia 1990. Akan tetapi, gambar di atas tidak ada hubungannya dengan kekalahan adu penalti yang dimaksud. Itu adalah momen ketika Gascoigne mendapat kartu kuning di tengah pertandingan, yang membuatnya tak bisa tampil di final, jika Three Lions lolos dari hadangan Jerman.

10. Marco Materazzi and Rui Costa

Marco Materazzi and Rui Costa

Begitu banyak elemen menarik dari foto ini yang menunjukkan sisi lain dari salah satu duel terpanas di Italia. Kelompok suporter yang satu begitu marah terhadap kubu seberang sehingga melempar begitu banyak kembang api ke lapangan, sementara para pemain, dari Inter dan AC Milan, menunggu bersama-sama agar bisa kembali meneruskan pertandingan.
Satu kata, menakjubkan.

9. Maradona di Puncak Dunia

Maradona di Puncak Dunia

Ini adalah foto Diego Maradona dengan trofi Piala Dunia 1986. Dia mungkin memakai taktik-taktik yang tak biasa untuk membawa timnya ke tangga juara, tapi kehebatan Maradona sendiri berperan besar dalam kejayaan Argentina. Prestasi luar biasa oleh salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah.

8. Finishing Spektakuler Wayne Rooney

Finishing Spektakuler Wayne Rooney

Ada gol-gol yang hanya bisa tercipta berkat insting predator sejati seorang striker di depan gawang, dan ini salah satunya. Melawan Manchester City, di Old Trafford, dalam keadaan imbang 1-1, Wayne Rooney mencetak gol yang paling luar biasa dalam kariernya dan memberi Red Devils kemenangan atas sang rival sekota.

7. Tendangan Kung Fu Eric Cantona

Tendangan Kung Fu Eric Cantona

Eric Cantona diusir wasit dan tengah berjalan meninggalkan ketika ucapan seorang suporter menarik perhatiannya. Reaksi yang tak pernah diduga dari sang bintang Manchester United, yang lalu melompati papan iklan dan mendaratkan tendangannya.

6. Gol Bunuh Diri Andres Escobar


Dia adalah pencetak gol bunuh diri paling terkenal dalam sejarah, menyebabkan Kolombia kalah 0-1 secara mengejutkan di Piala Dunia 1994, padahal mereka jauh lebih diunggulkan. Tragisnya, blunder itu membuat Escobar kehilangan nyawa sekembali dia ke negaranya. Gambar di atas pun seolah memberi peringatan betapa bahayanya persepakbolaan Amerika Selatan.

5. Selebrasi Solksjaer

Selebrasi Solksjaer

Comeback win 2-1 melawan Bayern Munich di final Liga Champions 1999, padahal Manchester United hanya berjarak tiga menit dari vonis kematian. Masuklah Ole Gunnar Solskjaer, lalu menciptakan gol dan selebrasi yang tak terlupakan ini.

4. Tandukan Zidane


Dia mencetak gol lewat titik putih pada awal laga, tapi yang lebih diingat tentang Zinedine Zidane di final Piala Dunia 2006 adalah tandukannya ke dada Marco Materazzi. Sang legenda Prancis lalu dikartu merah, dan negaranya kalah dalam adu penalti. Insiden itu bahkan diabadikan dalam bentuk patung.

3. Gol Hantu Geoff Hurst

Gol Hantu Geoff Hurst

Di urutan ketiga ada 'gol' Geoff Hurst, atau lebih baik kita sebut saja 'tembakan' Geoff Hurst, yang memberi Inggris kemenangan di final Piala Dunia 1966. Ketika skor 2-2, tembakan Hurst inilah yang menjadi pembeda. Akan tetapi, perdebatan tentang apakah bola sudah melewati garis gawang atau tidak masih berlanjut hingga sekarang. Tonton video ini , gol atau bukan?

2. Pele Menaklukkan Dunia

Pele Menaklukkan Dunia

Legenda Brasil Pele tanpa perlu diragukan adalah salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah, dan selebrasinya ketika memenangi Piala Dunia 1970 menempati urutan kedua dalam daftar ini. Pele mencetak gol pembuka melawan Italia di final, gol ke-100 Brasil di Piala Dunia. Brasil menang 4-1, trofi Jules Rimet terbang ke Tanah Samba, dan momen ini pun terekam sempurna dalam buku sejarah.

1. Tangan Tuhan

Tangan Tuhan

Tak ada foto yang lebih terkenal daripada foto gol 'Tangan Tuhan' Diego Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986. Maradona lalu mengakui bahwa dia tidak menyentuh bola dengan kepala, dan gol itu murni tercipta dengan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar