Rabu, 07 Agustus 2013

5 Ciri Khas Lebaran

Untuk umat muslim di negara kita Indonesia juga sangat menanti-nanti akan kedatangan hari suci ini. Ribuan orang antusias menyambut hari besar bagi pemeluk agama Islam ini.
Namun selain kesucian hari lebaran atau idul fitri, masih ada hal yang menarik dari Lebaran. Berikut saya berikan 5 Ciri khas lebaran di Indonesia.
1. Maaf-maafan
Maaf-maafan atau saling bersilaturahmi adalah sesuatu yang paling kental terjadi di lingkungan sekitar kita. Hal ini dikaitkan dengan hari suci, karena kesuciannya maka kita semua saling bermaafan. Dalam istilah kita muncul “Lebur dosa”, sehingga pada hari yang suci orang-orang yang bermaafan akan kembali saling suci atau tidak memiliki kesalahan antar orang yang bermaafan.
2. Ketupat
Kalau yang ini merupan ciri tentang kuliner. Hampir setiap lebaran pasti banyak orang yang membuat atau membeli ketupat. Karena biasanya ketupat disantap disaat hari lebaran, dan pasangan dari ketupat ini adalah opor ayam. Hmmm…. Sedam banget rasanya.
3. Mudik
Bagi yang para kaum perantau pasti pernah melakukan tradisi ini. Tradisi yang hanya ada di negara Indonesia ini memang selalu menghiasa sekitar kita saat menjelang lebaran tiba. Banyak sanak famili jauh yang datang, yang hanya sekedar ingin bersilaturahmi.
Sudah beberapa tahun ini, berita tentang arus mudik selalu menghiasi layar kaca kita. Hampir setiap jam ada saja berita tentang orang mudik. Setiap stasiun TV seakan berlomba-lomba untuk memberikan berita yang paling bagus dan paling baru. Dan berita yang ada pasti tentang kemacetan yang terjadi di sejumlah tempat.
Dari tahun ke tahun pasti kemacetan dan kecelakaan saat mudik lebaran pasti menjadi sorotan. Yang menjadi keprihatinan saya adalah mengapa setiap tahun terjadi semacam itu, tapi dari pihak pemerintah seakan-akan membiarkan hal itu terjadi. Mengapa pemerintah tidak melakukan langkah antisipasi, seperti misalnya membuat jalan yang lebih banyak atau meningkatkan kualitas dari transportasi yang digunakan oleh para pemudik.
Tapi terlepas dari itu semua, kegiatan mudik adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari lebaran di negara kita ini.
4. Banyak Makanan
Makanan di hari lebaran, pastinya semua sudah tahu hal ini. Bukan hanya ketupat dan opor ayam saja yang ada di hari lebaran. Tapi masih banyak makanan lain yang selalu menghiasi hari lebaran, terutama makanan ringan atau cemilan.
Tapi yang paling sering disajikan saat hari lebaran adalah kue-kue. Seperti nastar, wafer atau kue-kue kemasan lainnya. Mau tidak mau, setiap lebaran kita harus menyediakan makan-makanan seperti itu. Karena hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita sejak dulu. Dan bisa dikatakan, lebaran tanpa kue-kue di meja serasa belum lebaran. hehehe
5. Baju Baru
Ini yang ditungu-tunggu. Baju baru, celana baru sendal/sepatu baru. Tidak hanya anak-anak saja yang melakukan tradisi ini, tapi orang dewasa pun juga melakukannya.
Hal ini mungkin karena lebaran itu identik dengan hari suci, dan dalam kesehariannya kesucian itu dilambangkan dengan baju baru. Walau sebenarnya tidak harus seperti itu. Tapi yang namanya sudah tradisi, secara tidak sadar kita pasti malakukannya.
Itu tadi 5 ciri khas lebaran di Indonesia. Mungkin masih ada beberapa yang lain, namun pada kesempatan kali ini saya hanya menyebutkan 5 saja. Sekian dulu postingan kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar